Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Kreativitas Desain Produk Kerajinan Keramik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Universitas Negeri Yogyakarta

Ghofari, Muhammad Sholahudin Al (2014) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Kreativitas Desain Produk Kerajinan Keramik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-sholahudinal-ghofari-09707251002.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan tingkat kreativitas desain produk kerajinan keramik, antara mahasiswa yang menggunakan program multimedia pembelajaran dan mahasiswa yang menggunakan program slide Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat kreativitas desain produk kerajinan keramik mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Universitas Negeri Yogyakarta dan variabel bebasnya adalah program multimedia pembelajaran dan program slide. Desain penelitiannya yaitu desain eksperimen semu (quasi experimental design). Subjek penelitian sebanyak 22 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes penilaian produk kerajinan keramik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Independent-sample T Test dan Paired-Sample T Test. Dengan taraf signifikansi 5 % (α = 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kreativitas desain produk kerajinan keramik yang menggunakan program multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada kreativitas desain produk kerajinan keramik yang menggunakan program slide. Dibuktikan ada perbedaan tingkat kreativitas desain produk kerajinan keramik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Universitas Negeri Yogyakarta yang menggunakan program multimedia pembelajaran, dengan hasil analisis Independent-sample T Test dan Paired-Sample T Test. T hitung (-5.679)> t tabel (10, 0.025) adalah 2,228 sehingga Ho ditolak. Pada kolom Sig, terlihat nilai Sig. (0,000) < α (0,05). Dengan demikian bahwa, penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas desain produk kerajinan keramik mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, Kreativitas, Desain Produk, Kerajinan Keramik
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item