Hidayatu, Romlah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS V SD SABDODADI KEYONGAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Hidayatu Romlah.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi bahasa Jawa dengan media gambar seri pada siswa kelas V SD Sabdodadi Keyongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Sabdodadi Keyongan yang berjumlah 21 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan hasil tes unjuk kerja.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan jika 75% siswa sudah terampil menulis karangan narasi bahasa Jawa. Siswa dikatakan terampil menulis karangan narasi bahasa Jawa apabila sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar seri siswa kelas V SD Sabdodadi Keyongan dapat meningkat. Pada pratindakan persentase ketuntasan siswa sebesar 14,2%. Pada siklus I persentase ketuntasan meningkat menjadi 57,1%. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 95,2%. Kata kunci : karangan narasi,bahasa jawa, media gambar seri, kelas V SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |