UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Yuni, Purwanti (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yuni Purwanti.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah pada siswa kelas v SD N Winongkidul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Winongkidul. Objeknya adalah berupa kemampuan membaca pemahaman cerita dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan soal tes kemampuan membaca pemahaman cerita. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita kelas V SD N Winongkidul meningkat setelah dilaksanakannya kegiatan belajar dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita dibuktikan dengan skor rerata pada siklus I adalah 64 dan meningkat menjadi 78 pada siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 26,47 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,4 pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas siwa dari siklus I ke siklus II, yaitu sebanyak 8 siswa berkategori aktivitas tinggi ( 24%) pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 14 siswa berkategori aktivitas tinggi ( 41 % ), siswa tersebut aktif dalam kegiatan belajar, respon dan tanggapan siswa dalam bertanya atau menjawab pertanyaan serta persentasi di depan kelas. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman cerita, pemanfaatan perpustakaan sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item View Item