Fanani, Zaenal (2013) Model Asesmen Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Pendidikan Dasar. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-zaenal-fanani-10701261014.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model asesmen kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, dan (2) mengetahui peta keefektifan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. Model asesmen kepemimpinan pembelajaran ini menggunakan pendekatan 360-degree assesessment, yakni asesmen dari guru, kepala sekolah dan pengawas. Jumlah responden sebanyak 560 orang yang terdiri atas 466 guru, 47 kepala sekolah 47 dan 47 pengawas, pada jenjang SD dan SMP. Dua daerah dipilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan, yakni masing-masing satu dari Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Ukuran sampel sekolah sebanyak 47 diambil dari wilayah berbeda, yakni wilayah kota, pinggiran, dan desa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert (1-4) dengan 36 item. Responden dari setiap sekolah terdiri atas 10 guru, satu kepala sekolah, dan satu pengawas dari sekolah yang sama untuk mengisi instrumen. Teknik analisis data untuk uji kecocokan model dengan data, variansi variabel laten, dan invariansi alat ukur antar group rater menggunakan Confirmatory Factor Analysis dengan bantuan program Lisrel 8.80. Uji signifikansi korelasi antara kepemimpinan pembelajaran dengan prestasi siswa menggunakan Pearson Correlation dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model asesmen kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dengan 4 dimensi dan 36 items menunjukkan kecocokan dengan data empiris (χ2, p=0.347>0.050; RMSEA=0.006<0.080) dan semua item memiliki standardized loading factor yang signifikan (t>1.96; λ>0.50), dan (2) peta keefektifan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pada kategori tinggi dan sedang masing-masing sebesar 19% dan 79%, dan dengan skala 100, rerata skor dimensi visi belajar sebesar 74, dimensi supervisi pembelajaran sebesar 65, dimensi penilaian kinerja guru sebesar 65, dan dimensi pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru sebesar 63.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model asesmen, kepemimpinan pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:56 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 06:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13330 |
Actions (login required)
View Item |