Pengembangan Model Assessment as Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK

Sudiyanto, Sudiyanto (2014) Pengembangan Model Assessment as Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sudiyanto-04701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model assessment as learning (model-AaL) yang efektif untuk meningkatkan kompetensi akuntansi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi model pengembangan dari Hopkins & Clark yang terdiri atas dua tahap, yaitu (1) penelitian dan (2) pengembangan. Kegiatan penelitian meliputi studi pendahuluan, studi hasil-hasil penelitian, analisis komponen model, penyusunan prototype model awal, konsultasi pakar, dan penyusunan prototype model akhir. Kegiatan pengembangan meliputi validasi model oleh pakar dan praktisi, pelatihan guru tentang penggunaan model, uji coba model terbatas dan diperluas disertai evaluasi, dan penyusunan produk akhir. Subjek uji coba adalah tiga orang guru akuntansi dan 119 siswa kelas X Ak-2 SMKN 1, kelas X Ak-1 SMKN 3, dan kelas X Ak-1 SMKN 6 Surakarta. Analisis data dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan akhir tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data hasil validasi model oleh para pakar dan praktisi. Pada akhir tahap pengembangan digunakan pendekatan kuantitatif repeated measures analysis dan paired samples t-test untuk menguji keefektifan model-AaL. Repeated measures analysis digunakan untuk menganalisis data perkembangan kompetensi akuntansi siswa selama uji coba model-AaL dan paired samples t-test digunakan untuk menganalisis data perbedaan kompetensi akuntansi siswa sebelum dan sesudah ujicoba model-AaL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model-AaL ini terdiri atas enam komponen, yaitu: tujuan, tugas terstruktur, asesmen diri, asesmen teman sejawat, pengamatan aktivitas siswa, dan umpan balik untuk perbaikan; dan (2) model-AaL ini efektif meningkatkan kompetensi akuntansi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model AaL, Kompetensi akuntansi siswa, dan Pembelajaran Akuntansi
Subjects: Ilmu Sosial > Statistik Umum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 05 Jul 2022 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13329

Actions (login required)

View Item View Item