PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 DEPOK

Agung Ahsan, Kurniawan (2015) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI AGUNG.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif; (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif; (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswakelas XI di SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Responden penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Depok, berjumlah 32 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Instumen yang digunakan adalah angket tertutup. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 32 siswa kelas XI Teknik Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang meliputi harga mean (M), median (Me), modus (Mo), standar deviasi (SD) dan frekuensi data. Untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif dan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif digunakan teknik analisis regresi sederhana, sedangkan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif yang dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,092 dan thitung (2,476) lebih besar dari ttabel (2,042) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 12,31%; (2) terdapat pengaruh positif dan signfikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif yang dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,129 dan thitung(2,809) lebih besar dari ttabel(2,042)pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 16,59%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif yang dibuktikan dengan koefisien regresi X1 sebesar 0,067, koefisien regresi X2 sebesar 0,103 dan Fhitung (5,905) lebih besar dari Ftabel (3,33) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif sebesar 28,9%. Kata kunci: motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 18 Mar 2015 05:05
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item