Evaluasi Implementasi Kurikulum Biologi di SMA Negeri Kota Semarang Berpendekatan Mixed-Method

Isnaeni, Wiwi (2014) Evaluasi Implementasi Kurikulum Biologi di SMA Negeri Kota Semarang Berpendekatan Mixed-Method. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-wiwi-isnaeni-06701261005..pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara komprehensif implementasi kurikulum biologi di SMA negeri kota Semarang, khususnya dalam proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses (PKP), dan mengungkap berbagai faktor pendukung dan penghambatnya Penelitian ini menggunakan model evaluasi diskrepansi. Data dikumpulkan dengan pendekatan mixed-method, diawali dengan penggunaan metode kuantitatif dilanjutkan metode kualitatif. Instrumen penelitian ini berupa empat kuesioner, lembar observasi, lembar kategorisasi catatan lapangan, dan panduan wawancara. Kuesioner-1 digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang tingkat penggunaan keterampilan proses oleh peserta didik. Kuesioner-1 dikembangkan dengan mengacu kepada langkah yang dilakukan Madaus et al, Claeys et al, dan Wheeler, melalui tahap review literatur, mengkonstruksi instrumen, menetapkan validitas isi dengan cara validasi pakar, dan melakukan ujicoba lapangan. Data hasil uji coba lapangan dianalisis dengan exploratory factor analysis (EFA) sampai diperoleh model instrumen final yang layak, yang memiliki indikator yang secara empiris merupakan indikator dari tiap variabel yang diukur. Instrumen lainnya dikembangkan melalui focus group discussion (FGD) dengan pakar berbagai bidang dan pihak yang terkait. Data kuantifikasi berupa tanggapan guru biologi tentang proses pembelajaran yang menerapkan PKP, cara asesmennya, serta pemahaman guru terhadap isi Permendiknas yang mendasari pengembangan kurikulum (KTSP) dikumpulkan menggunakan kuesioner-2, kuesioner-3, kuesioner-4. Data kualitatif tentang proses pembelajaran biologi, asesmen yang diterapkan, hal-hal yang melatarbelakangi penerapan PKP, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan PKP diungkap dengan cara observasi proses pembelajaran, pembuatan catatan lapangan, kategorisasi catatan lapangan, dan wawancara mendalam. Seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan explanatory mixed-method analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas implementasi kurikulum biologi di SMA negeri kota Semarang belum mencapai kategori baik. Kualitas implementasi yang dilakukan oleh guru dilaksanakan dengan tingkatan yang bervariasi. Kegiatan belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi didominasi oleh kegiatan yang menggunakan keterampilan dasar, terutama keterampilan komunikasi. Faktor pendukung utamanya adalah adanya fasilitas yang tersedia di sekolah dan adanya komitmen guru untuk menggunakan PKP. Faktor penghambatnya ialah adanya beban tugas mengajar guru yang terlalu berat, materi pelajaran biologi yang sangat banyak, adanya kekuatiran pada sebagian besar guru dalam menghadapi UN, dan kurang adanya komitmen guru untuk menggunakan PKP. Informasi komprehensif ini dapat diperoleh secara memadai karena proses evaluasi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi implementasi kurikulum, pendekatan keterampilan proses, pembelajaran biologi, mixed-method
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 28 Jun 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item