Pengaruh Penerapan Cooperative Project-Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik ”Menentukan dan Memperbaiki Gangguan pada Sistem Kerja Mesin” di SMK N 1 Seyegan

Tafakur, Tafakur (2014) Pengaruh Penerapan Cooperative Project-Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik ”Menentukan dan Memperbaiki Gangguan pada Sistem Kerja Mesin” di SMK N 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-takafur-12702251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan cooperative project-based learning terhadap motivasi belajar siswa dan (2) pengaruh penerapan cooperative project-based learning terhadap hasil belajar siswa pada praktik standar kompetensi ”Menentukan dan memperbaiki gangguan pada sistem kerja mesin”. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Seyegan pada semester kedua Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel dipilih dua kelas secara intact group dengan pemilihan secara acak, sehingga diperoleh kelas XII TKR 3 sebagai kelompok eksperimen berjumlah 31 siswa dan XII TKR 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 35 siswa, sedang kelas XII TKR 1 sebagai subyek ujicoba instrumen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan cooperative project-based learning, sedang kelompok kontrolnya diterapkan strategi pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes unjuk kerja praktik, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data motivasi belajar. Observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang direncanakan. Tes unjuk kerja praktik digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar teori siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test dan analisis kovarian (ANCOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Perhitungan dilakukan dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan cooperative project-based learning terhadap motivasi belajar siswa pada praktik SK “Menentukan dan memperbaiki gangguan pada sistem kerja mesin” dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Siswa yang mengikuti pembelajaran cooperative project-based learning lebih dapat terdorong motivasi belajarnya. (2) Terdapat pengaruh penerapan cooperative project-based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Siswa yang mengikuti pembelajaran cooperative project-based learning mampu mencapai hasil belajar lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperative project-based learning, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 01 Sep 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item View Item