Model Intrumen Kinerja Kepala Sekolah Berbasis Supervisi Akademik dalam Pembinaan Profesional Guru

Bahar, Syamsul (2014) Model Intrumen Kinerja Kepala Sekolah Berbasis Supervisi Akademik dalam Pembinaan Profesional Guru. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-syamsul bahar-08701261020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi model konstruk kinerja kepala sekolah. (2) mengetahui kinerja kepala sekolah berdasarkan penilaian kepala SMP di Kota Palu, (3) mengetahui kinerja kepala sekolah berdasarkan penilaian guru SMP di Kota Palu (4) mengetahui model struktural kinerja kepala sekolah, dan (5) mengetahui perbedaan kinerja kepala SMP negeri dan swasta berdasarkan penilaian guru di Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di Kota Palu. Jumlah sekolah sampel 22 SMP, dengan rincian 11 SMP negeri dan 11 SMP swasta, ditetapkan dengan menggunakan teknik quota proportionate random sampling. Setiap SMP diwakili 15 orang guru sehingga diperoleh sumber data 330 guru. Sampel kepala sekolah diwakili oleh 22 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, key performance indicator yang dimodifikasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: Second–Order Confirmatory Factor Analysis (CFA), yang digunakan dengan bantuan program software LISREL 8.50, Analisis Jalur (parth analysis, Structural Equation Modeling (SEM), analisis deskriptif, dan uji t. Hasil penelitian ini sebagai berikut.(1) Menurut kepala sekolah model konstruk ki-nerja kepala sekolah tidak cocok dengan model yang dihipotesiskan. Namun demikian, menurut guru model konstruk kinerja kepala sekolah dari semua komponen variabel yang dihipotesiskan cocok atau fit dengan data lapangan. Semua koefisien jalur dari dimensi terhadap variabel kinerja kepala sekolah dan muatan faktor dari indikator terhadap dimensi dari model yang dihipotesiskan signifikan.(2) Berdasarkan penilaian kepala sekolah, kepala SMP negeri masih lebih tinggi dan baik kinerjanya dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan pendidikan, jika dibanding dengan kinerja kepala SMP swasta. Kepala SMP negeri sebelum menduduki jabatan kepala sekolah, melalui seleksi yang ketat, berpengalaman sebagai wakil kepala sekolah, mengikuti diklat secara berjenjang dan sistemik, baik sebelum maupun setelah menduduki jabatan kepala sekolah. (3) Berdasarkan hasil penilaian guru, ada perbedaan kinerja kepala SMP negeri dan kepala SMP swasta, nilai rerata SMP negeri lebih tinggi dibanding SMP swasta yaitu 230.3758 > 205.9879, mulai dari komponen kepribadian dan sosial, komponen kepemimpinan pembelajaran, komponen pengembangan sekolah, sampai pada komponen supervisi pengajaran. Semuanya cocok atau fit dengan model yang dihipotesiskan. Muatan faktor dari semua indikator adalah signifikan; dan (4) hasil pengolahan data perbedaan kinerja kepala SMP negeri dan swasta yang diteliti, 268 responden (81,2%) yang menyatakan kinerja kepala sekolah dikategorikan tinggi, yang menyatakan sangat tinggi sebesar 52 responden (15,8%), dan kinerja kepala sekolah yang menyatakan sedang hanya 10 responden (3,0%).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model instrumen kinerja kepala sekolah berbasis supervisi akademik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 28 Jun 2022 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13323

Actions (login required)

View Item View Item