Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA di DIY

Supahar, Supahar (2014) Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA di DIY. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-supahar-10701261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen pengukur kinerja kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika peserta didik SMA dan mengukur kinerja kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika peserta didik kelas X dan XI-IPA SMA di DIY. Penelitian ini melalui tiga tahap, yakni: pengembangan awal instrumen, uji coba, dan pengukuran. Tahap pengembangan awal instrumen meliputi penyusunan, telaah dan validasi: kisi-kisi perangkat tes, butir-butir tes, dan pedoman penilaian. Validasi isi dilakukan oleh promotor, ahli pengukuran, ahli pendidikan fisika, ahli fisika, dan praktisi. Instrumen yang terdiri atas empat perangkat tes yang telah divalidasi diujicobakan pada 2.015 peserta didik. Pelaksanaan pengukuran menggunakan instrumen hasil uji coba yang terdiri atas empat perangkat tes yang masing-masing memiliki 30 butir termasuk sembilan anchor items pada 2.383 peserta didik. Hasil pengukuran berupa data politomus empat kategori dianalisis menurut Partial Credit Model (PCM) menggunakan program QUEST dan PARSCALE. Program QUEST digunakan untuk menguji kecocokan model dan tingkat kesulitan butir, dan estimasi kemampuan peserta didik, sedangkan program PARSCALE digunakan untuk memperoleh kurva karakteristik butir, fungsi informasi butir, dan standard error of measurement (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada tahap uji coba dan tahap pengukuran berdasarkan kriteria mean INFIT MNSQ 1,0 dan simpangan baku 0,0 terbukti tes fit dengan PCM. Berdasarkan kriteria batas terendah dan tertinggi mean INFITMNSQ 0,77 dan 1,30 sebanyak 93 butir soal dari empat perangkat tes semuanya fit dengan model PCM. Koefisien reliabilitas tes tahap uji coba dan pengukuran berada pada kategori tinggi, yakni 0,90 dan 0,93. Tingkat kesulitan butir-butir tes pada tahap uji coba berada pada rentang -0,83 sampai +0,84 yang berarti butir-butir tes dalam kategori baik karena nilainya di antara -2,0 dan +2,0. Rerata tingkat kesulitan butir aspek merencanakan adalah 0,33, aspek pelaksanaan adalah 0,02, dan aspek pelaporan adalah -0,07. Dengan demikian, instrumen penilaian kinerja kemampuan inkuiri memenuhi syarat digunakan untuk mengukur kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika siswa SMA. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa skor dalam skala logit kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika siswa SMA di DIY terendah, tertinggi, rata-rata, dan simpangan baku berturut-turut adalah 0,09; 0,19; 0,13; dan 0,015. Skor semua peserta didik berada pada rentang 0,0 sampai +1,0 menurut skala logit yang artinya kemampuan siswa berada di atas rata-rata. Kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan dominan pada kategori 2 dan 3 dari kategori 1 sampai dengan 4. Jadi, kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika siswa SMA di DIY masih belum memuaskan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penilaian kinerja, kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika SMA , partial credit model(PCM)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 05 Jul 2022 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13322

Actions (login required)

View Item View Item