HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nurjanah, Pratiwi (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (73MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan penggunaan media informasi dengan perkembangan sosial, hubungan kecerdasan emosi dengan perkembangan sosial, dan hubungan penggunaan media informasi dengan perkembangan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan mengambil sampel sejumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologi. Instrumen diuji menggunakan validitas isi dengan pendapat ahli (expert judgement) selanjutnya membandingkan skor dalam butir soal dengan skor total untuk menyeleksi butir mana yang akan digunakan dalam penelitian. Uji reliabilitas instrument dengan teknik Cronbach Alpha, diperoleh sebesar 0,877 untuk instrument perkembangan sosial, 0,910 untuk instrument kecerdasan emosi, dan 0,848 untuk instrument penggunaan media informasi, sehingga instrument tersebut dapat dikatakan sudah reliabel. Analisis data dilakukan menggunakan analisis korelasi Product Moment dan regresi ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perkembangan sosial siswa kelas V. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rx1y = 0,632 dengan p < 0,05. Hasil rx2y = 0,468 dengan p < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media informasi dengan perkembangan sosial siswa kelas V. Hasil analisis regresi berganda diperoleh Fregresi = 49,553 dengan p < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan penggunaan media informasi dengan perkembangan sosial siswa kelas V. Kata Kunci: kecerdasan emosi, penggunaan media informasi, dan perkembangan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item View Item