Pengembangan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Kimia di SMA

Yamtinah, Sri (2014) Pengembangan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Kimia di SMA. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sri-yamtinah-09701261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan instrumen ordered multiple-choice (OMC) dengan model Attribute Hierarchy Method (AHM) untuk diagnosis kesulitan belajar Stoikiometri pada proses pembelajaran kimia di SMA, (2) menetapkan karakteristik atau parameter butir dari instrumen yang telah dikembangkan berdasarkan pada Graded Response Model (GRM), dan (3) membuat profil diagnostik peserta didik sebagai laporan yang informatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan produk didasarkan preliminary study terhadap guru-guru kimia di Surakarta yang menghasilkan pokok bahasan tersulit adalah Stoikiometri. Kimia merupakan mata pelajaran yang bersifat hirarkis termasuk Stoikiometri, sehingga pengembangan instrumen dilakukan menggunakan AHM dengan bentuk OMC. Penetapan atribut dan hirarki atribut dilakukan dengan focus group discussion (FGD) oleh tiga orang dosen, enam orang guru dan dua ahli pengukuran dan dilanjutkan dengan teknik Delphi oleh tiga orang ahli sebanyak dua putaran. Kisi-kisi berupa indikator soal dan rumusan butir soal ditelaah melalui teknik Delphi oleh tiga orang ahli dan enam orang guru untuk validasi isi. Ujicoba terbatas dilakukan terhadap 15 peserta didik dari sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah. Ujicoba skala luas dilakukan pada tiga sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah masing-masing melibatkan lima kelas dengan jumlah 253, 256, dan 257 peserta didik untuk paket soal A, B, dan C. Ujicoba kelayakan dilakukan pada sekolah kategori tinggi, sedang dan rendah di wilayah Surakarta, Karanganyar, Boyolali, dan Sragen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1). Penelitian berhasil mengembangkan tiga paket soal OMC untuk mendeteksi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia khususnya pada Stoikiometri kelas X. Instrumen terdiri dari petunjuk penggunaan, butir-butir soal, dan teknik analisis datanya. 2). Butir-butir soal OMC pada paket A, B, dan C memiliki validitas konstruk yang baik diukur dengan menggunakan Smart PLS memiliki Goodness of Fit (GoF) lebih besar dari 0,36 yaitu 0,44; 0,47 dan 0,43. Instrumen memiliki reliabilitas tinggi berdasarkan SmartPLS berturut-turut 0,79; 0,81 dan 0,75. Pengujian fit model dan parameter butir instrumen menggunakan Parscale. Butir-butir yang tidak fit tersebut tidak digugurkan tetapi diperbaiki tata kalimatnya. 3). Profil peserta didik dibuat dengan menggunakan program Excel, Sheet 1 menunjukkan skor total peserta didik, dan Sheet 2 dan seterusnya menunjukkan profil individu peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Attribute Hierarchy Method, Ordered Multiple Choice, Graded Response Model
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 11 Jul 2022 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item