PENGARUH PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS IV SD N PAKEM 1 DAN SD N PAKEM 4 TAHUN AJARAN 2013/2014

Luri, Witanti (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS IV SD N PAKEM 1 DAN SD N PAKEM 4 TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
bab1-5.pdf

Download (765kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunan metode index card match terhadap prestasi belajar IPS di kelas IV SD N Pakem 1 dan SD N Pakem 4. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Variabel bebasnya adalah metode index card match, variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Pakem 1 dan SD N Pakem 4 yang berjumlah 66, sedangkan sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Cara menentukan ukaran sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode index card match terhadap prestasi belajar IPS di kelas IV SD N Pakem 1 dan SD N Pakem 4. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t-test, thitung = 4.390 > ttabel = 2.02, sehingga dapat dikatakan signifikan karena thitung > ttabel. Kelas eksperimen memperoleh skor peningkatan prestasi belajar IPS lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata skor peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen 2.36 dan kelas kontrol 1.1. Kata kunci: metode index card match, prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 07 Sep 2015 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13313

Actions (login required)

View Item View Item