Pengembangan Instrumen Pengukuran Keimanan Siswa Madrasah Aliyah

Shodiq, Shodiq (2014) Pengembangan Instrumen Pengukuran Keimanan Siswa Madrasah Aliyah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-shodiq-07701261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menemukan dimensi, aspek dan indikator keimanan sebagai dasar penyusunan instrumen pengukuran keimanan dalam perspektif Teologi Islam, 2) mengembangkan instrumen model summated rating scale yang dapat digunakan untuk mengukur kadar atau tingkat keimanan siswa Madrasah Aliyah, dan 3) menguji validitas dan reliabilitas instrumen sekaligus menguji model pengukuran keimanan siswa Madrasah Aliyah. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), yakni penelitian yang bertujuan mengembangkan produk berupa instrumen model summated rating scale yang dapat digunakan untuk mengukur kadar atau tingkat keimanan siswa Madrasah Aliyah.Tahap penelitian terdiri: (1) Pra pengembangan, yakni melakukan kajian teoritis tentang konsep iman dalam perspektif Teologi Islam. (2) Pengembangan, meliputi beberapa kegiatan, yakni: a) menyusun kisi-kisi dan menulis butir-butir instrumen, b) analisis atau telaah kualitatif oleh expert bidang agama Islam serta expert bidang evaluasi dan pengukuran atau psikometri, c) analisis kuantitatif berdasarkan data hasil ujicoba empirik. (3) Penyajian, yakni menyusun kembali instrumen setelah dilakukan revisi berdasarkan hasil analisis kuantitatif, dan menyajikannya menjadi sebuah instrumen yang siap digunakan. Analisis data kuantitatif untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen pada tahap ujicoba kelompok terbatas secara statistik menggunakan uji konsistensi internal dan Cronbach’s Alpha, yang secara teknik menggunakan bantuan Program SPSS 17.0. Sedang analisis data kuantitatif untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen pada tahap ujicoba kelompok luas, sekaligus uji model pengukuran, secara statistik menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modelling (SEM) yang secara teknik menggunakan Program LISREL 8.80. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut. 1) Terdapat dua dimensi atau variabel yang membentuk konstruk keimanan dalam perspektif Teologi Islam, yaitu: tashdiq al-qalb (keyakinan) yang mencakup enam aspek atau sub variabel yang terjabar menjadi delapan belas indikator, dan amal al-qalb (sikap dan atau perasaan) yang mencakup tujuh aspek atau sub variabel yang terjabar menjadi tujuh belas indikator. 2) Instrumen pengukuran keimanan produk penelitian ini berbentuk inventori model summated rating scale yang disebut Skala Keimanan yang berisi 113 butir pernyataan yang menggambarkan dimensi keyakinan, dan dimensi sikap dan atau perasaan. 3) Validitas instrumen mencapai derajat yang signifikan yang ditunjukkan nilai estimasi muatan faktor (loading factor) yang distandarkan terkecil 0.68 dan terbesar 0.89 (lebih besar dari cut-off value yang disyaratkan sebesar 0.50). Demikian pula reliabilitas instrumen mencapai derajat yang signifikan yang ditunjukkan nilai estimasi koefesien reliabilitas konstruk keyakinan sebesar 0.847, dan konstruk sikap dan atau perasaan sebesar 0.999 (lebih besar dari 0.70). Hasil uji kesesuaian model juga menunjukkan: nilai Chi Square (χ2) = 48.23, df = 64, p-value = 0.289 (p > 0.05), dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) = 0.048 (< 0.08). Hasil ini menunjukkan bahwa model fit atau cocok dengan data. Artinya, model yang dihipotesiskan mampu mengestimasi matriks kovariansi populasi yang tidak berbeda dengan matriks kovariansi sampel, sehingga hasil estimasi yang diperoleh dari data sampel dapat dijadikan sebagai basis untuk membuat generalisasi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keimanan, skala, pengukuran, validitas, dan reliabilitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 05 Jul 2022 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item