Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika

Samritin, Samritin (2014) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-samritin-09701261019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan higher order thinking (HOT) siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas sembilan langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) uji coba pertama, (5) menganalisis hasil uji coba pertama, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) uji coba kedua, dan (9) menganalisis hasil uji coba kedua. Validitas isi instrumen diperoleh melalui forum focus group discussion (FGD) dan teknik Delpi. Validitas konstruk diperoleh melalui analisis data hasil uji coba. Uji coba instrumen dilakukan dua kali yang melibatkan 264 peserta pada uji coba pertama dan 821 peserta pada uji coba kedua. Kegiatan uji coba dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan bantuan software komputer. Indeks validitas butir dianalisis menggunakan formula Aiken dan parameter butir dianalisis menggunakan teori tes klasik. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan formula alpha Cronbach dan formula Kappa dari Cohen. Validitas konstruk instrumen dianalisis menggunakan analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian kemampuan HOT siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Instrumen penilaian kemampuan HOT dalam Mata Pelajaran Matematika yang dihasilkan dalam penelitian ini terdiri dari atas 12 butir dan semua butir berbentuk uraian. Butir-butir tes memiliki tingkat kesulitan yang berada pada rentang 0,30 ≤ Pi ≤ 0,70 dengan indeks tingkat kesulitan yang paling rendah adalah 0,32 dan indeks tingkat kesulitan yang paling tingi adalah 0,61. Instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu sebesar 0,88, dengan konsistensi antarpenilai minimal 0,949. Hasil analisis validitas isi dari para ahli disimpulkan bahwa instrumen valid. Secara kuantitatif validitas isi ditunjukkan oleh indeks validitas setiap butir di atas 0,79. Hasil analisis validitas konstruk menyimpulkan bahwa instrumen valid, yang ditunjukkan oleh nilai χ2 = 67,69 dengan p-value = 0,10; Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) = 0,03; yang didukung oleh Goodness of Fit Index (GFI) sebesar 0,97; Normed Fit Index (NFI) sebesar 0,95 dan Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) sebesar 0,95.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, higher order thinking, matematika SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 05 Jul 2022 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item