Model Pembelajaran Teknik Survei dan Pemetaan SMK melalui Kemitraan dengan Dunia Kerja

Rochmadi, Sunar (2014) Model Pembelajaran Teknik Survei dan Pemetaan SMK melalui Kemitraan dengan Dunia Kerja. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sunar-rochmadi-disertasi-sunar-rochmadi-08702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi pembelajaran dengan melibatkan dunia kerja survei dan pemetaan yang selama ini dilaksanakan di SMK, (2) mengembangkan model pembelajaran yang melibatkan dunia kerja survei dan pemetaan dengan berbagai karakteristiknya, dan (3) mengevaluasi implementasi pengembangan model pembelajaran yang melibatkan pihak dunia kerja survei dan pemetaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk penelitian desain dan pengembangan, dengan tahapan pengembangan dan validasi model pembelajaran. Tahap pengembangan model mencakup studi pustaka, studi lapangan di SMK Program Teknik Survei dan Pemetaan serta dunia kerja survei dan pemetaan, penyusunan model pembelajaran, review oleh responden, dan revisi model pembelajaran. Tahap validasi model mencakup implementasi model pembelajaran di sekolah, revisi model pembelajaran berdasarkan analisis terhadap implementasi tersebut, review ahli, dan revisi model pembelajaran berdasarkan saran para ahli tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja survei dan pemetaan yang selama ini dilaksanakan di semua SMK adalah praktik kerja industri (prakerin) dan ujian praktik kejuruan. (2) Kendala pelaksanaan pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja yang dapat diidentifikasi terutama lokasi yang berjauhan antara sekolah dan dunia kerja dan jadwal kegiatan dunia kerja yang tidak selalu selaras dengan jadwal sekolah. (3) Pengembangan model pembelajaran alternatif dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan menambah model pembelajaran. Peningkatan model pembelajaran alternatif yang sudah dilaksanakan yaitu dengan menyelenggarakan prakerin di perusahaan survei dan pemetaan. Penambahan model pembelajaran dilakukan oleh sekolah yang sebelumnya belum pernah mengadakan kunjungan ke industri, guru tamu praktisi industri, dan pelatihan teknologi mutakhir.(4) Berdasarkan implementasi model pembelajaran yang dikembangkan, model tersebut layak untuk dilaksanakan dan efektif dalam mempersiapkan siswa dengan kompetensi yang dituntut oleh dunia kerja survei dan pemetaan. (5) Model pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja yang dapat dilaksanakan di SMK Program Teknik Survei dan Pemetaan meliputi: guru tamu praktisi industri, pembekalan prakerin, prakerin, kunjungan ke industri, pelatihan teknologi mutakhir, dan ujian praktik kejuruan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran SMK, program teknik survei dan pemetaan, kemitraan antara sekolah dan dunia kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 14 Sep 2022 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item