Sutiyatno, Sukris (2014) Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran terhadap Kinerja Guru, Komunikasi Organisasi, Budaya Sekolah, dan Kepuasan Siswa. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-sukris-sutiyatno-09702261011.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap kepuasan siswa secara langsung, dan pengaruh tidak langsung melalui kinerja guru, komunikasi organisasi, dan budaya sekolah yang dikonstruksi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini diselenggarakan di SMK di Kota Magelang yang berjumlah 19 SMK. Jenis penelitian adalah survey, populasi siswa kelas 2 sebanyak 3176 dengan sampel 354, populasi guru sebanyak 750 dengan sampel sebanyak 262, dan populasi kepala sekolah 19 kepala sekolah dan semuannya dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Tammaro Yamme. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan sampling error ditetapkan dengan toleransi kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan path analysis dan unit analisis penelitian adalah SMK. Hasil penelitian menjelaskan bahwa struktur hubungan antar variabel kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja guru, komunikasi organisasi dan budaya sekolah sebagai variabel mediasi secara empiris terbukti terhadap kepuasan siswa. Variabel eksogen kepemimpinan pembelajaran: (1) berpengaruh sangat kuat terhadap kinerja guru sebesar (γ = 0,518, p < 0,0001) atau 26,83%; (2) berpengaruh sangat kuat terhadap komunikasi organisasi sebesar (γ = 0,529, p < 0,001) atau sebesar 27,98%; (3) berpengaruh sangat kuat terhadap budaya sekolah sebesar (γ = 0,541, p < 0,0001) atau sebesar 29,27%. Variabel mediasi terhadap endogen: (1) kinerja guru berpengaruh sangat kuat terhadap kepuasan siswa sebesar (β= 0,377, p < 0,0001) atau 14,21%; (2) komunikasi organisasi berpengaruh sangat kuat terhadap kepuasan siswa sebesar (β= 0,309, p < 0,005) atau 9,55%; (3) budaya sekolah berpengaruh kuat terhadap kepuasan siswa sebesar (β= 0,295, p < 0,013) atau 8,70%. Secara langsung, kepemimpinan pembelajaran memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa (β= 0,291, p < 0,005) atau 8,46%, secara tidak langsung melalui variabel mediasi, kepemimpinan pembelajaran memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa (β= 0,518, p < 0,0001) atau 26,83% dan secara serentak langsung dan tidak langsung (β= 0,809, p < 0,0001) 65,44%.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan pembelajaran, kinerja guru, komunikasi organisasi, budaya sekolah, kepuasan siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:56 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13300 |
Actions (login required)
View Item |