Model Penilaian Kemampuan Berpikir Historis (Historical Thinking) Pendidikan Sejarah SMA dengan Model Rasch

Ofianto, Ofianto (2014) Model Penilaian Kemampuan Berpikir Historis (Historical Thinking) Pendidikan Sejarah SMA dengan Model Rasch. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-ofianto-11701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model penilaian kemampuan berpikir historis mata pelajaran sejarah SMA, (2) menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir historis mata pelajaran sejarah SMA beserta rubrik penskorannya sesuai dengan model penilaian yang dibangun, (3) menetapkan teknik analisis item dan teknik analisis hasil penilaian kemampuan berpikir historis siswa SMA, serta memperoleh bukti berupa hasil proses validasi tes dan item tes kemampuan berpikir historis yang telah disusun, dan (4) mengidentifikasi kemampuan berpikir historis peserta didik pada mata pelajaran sejarah SMA dengan menggunakan seperangkat alat penilaian yang item-itemnya telah memiliki bukti validitas empirik. Penelitian melalui dua tahap, yakni tahap pengembangan model penilaian kemampuan berpikir historis dan tahap pengembangan instrumen yang disertai uji coba terbatas untuk memperoleh bukti empiris dan uji coba diperluas/pengukuran. Tes untuk uji coba terbatas terdiri atas enam perangkat subtes dilengkapi anchor item pada tiap subtes. Tes untuk uji coba diperluas terdiri atas lima perangkat subtes juga dilengkapi dengan anchor item pada tiap subtes, dikemas menggunakan item yang terbukti fit dengan model pada uji coba terbatas. Masing-masing perangkat tes memuat 20% anchor item. Uji coba terbatas menggunakan sampel 1573 testi dan uji coba diperluas menggunakan sampel 2673 testi. Data politomus tiga kategori dianalisis dengan Partial Credit Model (PCM) menggunakan program QUEST. Hasil penelitian menunjukkan model penilaian yang dihasilkan termasuk ke dalam model prosedural. Hasil uji coba terbatas dan uji coba diperluas menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria mean INFIT MNSQ 1,0 dan simpangan baku 0,0 tes terbukti fit dengan PCM untuk data politomus tiga kategori. Berdasarkan kriteria batas terendah dan tertinggi INFIT MNSQ sebesar 0,77 dan 1,30 ada dua item dari 111 item tes uji coba terbatas, tidak fit dengan PCM untuk data politomus tiga ketegori. Berdasarkan kriteria yang sama, seluruh item tes tahap uji coba diperluas (93 item) fit dengan PCM untuk data politomus tiga kategori. Reliabilitas tes uji coba terbatas dan tes uji coba diperluas data politomus tiga kategori cukup baik. Pada uji coba terbatas, koefisien alpha Cronbach 0,74 dan indeks sparasi person 0,82. Pada tahap uji coba diperluas, koefisien alpha Cronbach 0,65 dan indeks sparasi person 0,72. Skor keterampilan berpikir historis terendah -3,52 dan tertinggi +1,21 dari rentang ideal -4,0 sampai +4,0. Secara keseluruhan skor testi jauh dari memuaskan. Hanya 5,89% testi yang berada di atas nilai tengah yang diharapkan untuk data politomus tiga kategori menurut PCM.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, tes, kemampuan berpikir historis (historical thinking), politomus, dan PCM
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 30 Jun 2022 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13299

Actions (login required)

View Item View Item