Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kota Mataram

Kurniawan, Didik (2014) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kota Mataram. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-didik-kurniawan.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kota Mataram Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Mataram pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Sampel 12 sekolah dipilih dengan menggunakan teknik multi stage sampling berdasarkan tingkat nilai UN sekolah dan mewakili 6 kecamatan yang ada di Kota Mataram dengan jumlah responden sebanyak 364 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika kelas VIII yang terdiri dari 25 soal, angket perhatian orang tua siswa, angket motivasi belajar, dan angket lingkungan sosial siswa. Dari hasil uji coba untuk angket perhatian orang tua, motivasi belajar, lingkungan sosial siswa dan tes prestasi belajar diperoleh estimasi reliabilitas berturut-turut adalah 0,800; 0,783; 0842; dan 0;770. Rata-rata kesalahan baku pengukuran (standard error of measurement, SEM) masing-masing adalah 4,626; 5,108; 5,316; dan 2,010. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda dengan uji F memberikan nilai F hitung sebesar 14,233, signifikan pada taraf α = 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial secara bersama-sama memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. (2) Sumbangan ketiga variabel bebas terhadap prestasi belajar sebesar 10,6%. (3) Perhatian orang tua, dan motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sementara lingkungan sosial tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan koefisien determinasi parsialnya, perhatian orang tua memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar sebesar 3,17%, dan motivasi belajar sebesar 2,89%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, motivasi belajar, lingkungan sosial, dan prestasibelajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item