Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type Student Team Achievement Division (STAD) dengan Type Think-Pair-Share (TPS) Ditinjau dari Ketercapaian Standar Kompetensi, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Berpikir Matematis Siswa SMP. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta)

Wahyuni, Astri (2014) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type Student Team Achievement Division (STAD) dengan Type Think-Pair-Share (TPS) Ditinjau dari Ketercapaian Standar Kompetensi, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Berpikir Matematis Siswa SMP. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astri-wahyuni-12709251044.swf

Download (4MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS pada aspek ketercapaian SK, kemampuan komunikasi matematika, dan berpikir matematis siswa SMP dan 2) membandingkan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS ditinjau dari ketercapaian Standar Kompetensi (SK), kemampuan komunikasi matematika, dan berpikir matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas VIII dengan perlakuan kelas VIII.A berupa metode cooperative learning type STAD dan kelas VIII.B berupa metode cooperative learning type TPS. Instrumen yang digunakan adalah tes. Untuk menyelidiki keefektifan cooperative learning type STAD dan cooperative learning type TPS pada aspek ketercapaian SK, kemampuan komunikasi matematika dan berpikir matematis, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan pada aspek ketercapaian SK, kemampuan komunikasi matematika dan berpikir matematis siswa yang menggunakan cooperative learning type STAD dan cooperative learning type TPS, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotteling. Membandingkan keefektifan metode cooperative learning type STAD dengan metode cooperative learning type TPS ditinjau dari ketercapaian SK, kemampuan komunikasi matematika dan berpikir matematis dilakukan dengan uji t. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan uji normalitas multivariat dengan menentukan jarak mahalanobis lalu dilakukan uji homogenitas multivariat dengan menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Metode cooperative learning type STAD dan metode cooperative learning type TPS efektif ditinjau dari ketecapaian SK, kemampuan komunikasi matematika dan berpikir matematis siswa SMP. 2). Metode cooperative learning type STAD lebih efektif dibanding metode cooperative learning type TPS terhadap ketercapaian SK siswa SMP. 3). Metode cooperative learning type STAD lebih efektif dibanding metode cooperative learning type TPS terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP. 4). Metode cooperative learning type STAD lebih efektif dibanding metode cooperative learning type TPS terhadap berpikir matematis siswa SMP

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Cooperative learning type STAD dan type TPS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item