PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS II SMA AL-ISLAM I SURAKARTA DALAM MEMILIH MAKANAN JAJANAN DI KANTIN SEKOLAH

Widiastuti, Ika (2008) PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS II SMA AL-ISLAM I SURAKARTA DALAM MEMILIH MAKANAN JAJANAN DI KANTIN SEKOLAH. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
Ika Widiastuti.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengetahuan siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta dalam memilih makanan jajanan di kantin sekolah, dan 2) Sikap siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta dalam memilih makanan jajanan di kantin sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel mandiri penelitian adalah pengetahuan dan sikap siswa kelas II SMA AL-Islam I Surakarta dalam memilih makanan jajanan di kantin sekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 263 siswa. Sampel penelitian adalah 155 siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta ditentukan dengan teknik Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen di hitung dengan menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Spearman Brown. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan dengan 30 responden. Penghitungan kedua uji instrumen dengan bantuan komputer program SPSS for windows 11.5. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pengetahuan siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta dalam memilih makanan jajanan di kantin sekolah termasuk dalam kategori yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan bahwa nilai rata-rata 19,5, median 20, modus 20 dan standar deviasi 2,298. Dari pengkategorian didapatkan hasil 72,2 % responden mempunyai pengetahuan baik, 27,8 % responden mempunyai pengetahuan sedang dan tidak ditemukan responden yang berada dalam kategori rendah 2) Sikap siswa kelas II SMA Al-Islam I Surakarta dalam memilih makanan jajanan di kantin sekolah termasuk dalam kategori yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan bahwa nilai rata-rata 62,42, median 63, modus 63 dan standar deviasi 2,852. Dari pengkategorian didapatkan hasil 95,4 % responden mempunyai sikap baik, 0,6 % responden mempunyai sikap sedang dan tidak ditemukan responden yang berada dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 06511247002
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 18 Mar 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13281

Actions (login required)

View Item View Item