Model Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berbasis Industri Pada Pendidikan Tinggi Vokasi Bidang Teknik Sipil

Endroyo, Bambang (2014) Model Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berbasis Industri Pada Pendidikan Tinggi Vokasi Bidang Teknik Sipil. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-bambang-endroyo-04702261009.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja berbasis industri pada pendidikan tinggi vokasi bidang Teknik Sipil. Dengan model tersebut diharapkan pembelajaran menjadi lebih efektif dengan materi yang lebih sesuai dengan dunia usaha/industri. Penelitian dilakukan dari tahun 2011 sampai tahun 2013 pada program D3 Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang (UNNES). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu kepada Borg & Gall (1989). Pendekatan penelitian menggunakan mixed approach. Untuk melihat keefektifan model, dipakai quasi eksperimen antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran yang diusulkan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol. Tahap-tahap pengembangan adalah pengumpulan informasi, perencanaan produk, uji pendahuluan, revisi, uji produk pendahuluan, revisi, uji produk operasional, revisi, uji produk akhir, dan diseminasi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, questioner, dan observasi. Validasi instrumen dilakukan dengan verifikasi para pakar & praktisi, dan penyusunan kisi-kisi soal. Analisis soal menggunakan indeks kesukaran soal, daya pembeda soal. Reliabilitas instrumen menggunakan cronbach alpha. Data kualitatif dianalisis dengan mereduksi data, menampilkan data, melakukan verifikasi, membuat kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor kunci keselamatan dan kesehatan kerja di bidang Teknik Sipil adalah: komitmen dan kebijakan manajemen puncak, perencanaan, penerapan, kegiatan pendukung, identifikasi sumber bahaya, evaluasi, dan tinjauan ulang & tindakan perbaikan. Proyek-proyek yang telah menerapkan faktor kunci tersebut di atas mempunyai risiko kecelakaan yang kecil; (2) Pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja yang saat ini berlangsung di pendidikan tinggi vokasi bidang Teknik Sipil masih konvensional; (3) Model pembelajaran yang diusulkan yaitu model pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja berbasis industri, yang terdiri atas komponen: materi pembelajaran, alat dan media serta sumber pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar; (4) Model yang diusulkan lebih efektif meningkatkan domain kognitif, domain afektif, dan domain psikomotorik tentang keselamatan dan kesehatan kerja kepada mahasiswa dibanding model pembelajaran yang selama ini digunakan dengan nilai uji t = 2,591 (p=0,012) untuk domain kognitif, nilai uji t = 2,232 (p=0,029) untuk domain afektif, dan nilai uji t = 2,319 (p=0,020) untuk domain psikomotor.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, keselamatan dan kesehatan kerja, pendidikan tinggi, vokasi, berbasis industri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item