Pengembangan Kurikulum Kompetensi Kejuruan Program Teknologi Penangkapan Ikan SMK Kelautan di Daerah Pesisir Provinsi Sumatera Utara

Pasaribu, Asahan (2014) Pengembangan Kurikulum Kompetensi Kejuruan Program Teknologi Penangkapan Ikan SMK Kelautan di Daerah Pesisir Provinsi Sumatera Utara. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-asahan-pasaribu-10702261001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan kurikulum kompetensi kejuruan (KKK) program keahlian teknologi penangkapan ikan (TPI) SMK kelautan, dan (2) mengevaluasi kelayakan dan keterpakaian KKK di SMK kelautan di Provinsis Sumatera Utara. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses pengembangan dilakukan melalui empat tahap, yaitu: (1) studi awal, melakukan kajian teoritis pengembangan kurikulum dan pengumpulan kompetensi teknologi penangkapan ikan dari lapangan; (2) pengembangan, membuat desain prototip KKK TPI, mengkonstruksi, melakukan evaluasi dan validasi internal, dan melakukan focus group discussion; (3) pengujian, melakukan uji lapangan skala terbatas, uji lapangan skala diperluas, dan uji operasional lapangan; (4) diseminasi, melakukan sosialisasi hasil temuan penelitian. Focus group discussion (FGD) yang melibatkan 14 orang pakar dari berbagai instansi terkait pendidikan perikanan SMK, dilakukan dalam rangka evaluasi dan validasi protipe KKK. Uji lapangan dengan skala terbatas melibatkan 8 (delapan) orang guru ahli NKPI SMKN 1 Mundu Cirebon, sedangkan uji skala lebih luas melibatkan 16 orang guru ahli NKPI SMKN 1 Mundu Cirebon dan SMKN 36 Jakarta. Uji operasional lapangan melibatkan 8 guru ahli NKPI SMK yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Hasil uji lapangan skala diperluas menunjukkan, seluruh subkompetensi KKK memiliki nilai rata-rata pertimbangan dengan kategori “sangat perlu” atau > 0,80. Hasil uji opersional lapangan menunjukkan, seluruh subkompetensi KKK memiliki nilai rata-rata pertimbangan dengan kategori “sangat perlu” atau > 0,80. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1). KKK program keahlian TPI merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi penangkapan ikan, sesuai dengan paradigma baru konsep pengelolaan sumberdaya perikanan berbasis industri, ramah lingkungan, bekeadilan, dan berkelanjutan. 2). Hasil uji lapangan skala diperluas menunjukkan, KKK program keahlian TPI telah memiliki kelayakan untuk diterapkan di SMK di Provinsi Sumatera Utara. 3). Hasil uji operasional lapangan menunjukkan, KKK program keahlian TPI telah memilki keterpakaian untuk diterapkan di SMK di daerah Provinsi Sumatera Utara. 4). KKK program keahlian TPI produk akhir pengembangan terdiri atas enam kompetensi dasar kejuruan dan 14 kompetensi inti kejuruan. Masing-masing kompetensi memilki antara dua sampai enam subkompensi kejuruan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, SMK, teknologi penangkapan ikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13276

Actions (login required)

View Item View Item