UPAYA PENANAMAN KEBIASAAN MAKAN KUDAPAN TRADISIONAL DALAM KELUARGA DI DUSUN MRANGGEN KIDUL DESA SINDUADI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

KP, ERFINA (2008) UPAYA PENANAMAN KEBIASAAN MAKAN KUDAPAN TRADISIONAL DALAM KELUARGA DI DUSUN MRANGGEN KIDUL DESA SINDUADI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Isi Laporan.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LAMPIRAN.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengetahuan ibu tentang kudapan tradisional. (2) Mengetahui cara Ibu memperoleh dan upaya menyajikan kudapan tradisional dalam keluarga.(3) Mengetahui jenis kudapan tradisional yang disajikan dalam keluarga. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Dusun Mranggen Kidul, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dengan populasi sebanyak 220 orang dan subyek penelitian yaitu ibu-ibu yang tinggal di dusun Mranggen Kidul yang memiliki anak usia Taman Kanak-Kanak sebanyak 14 orang. Teknik penentuan subyek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah dengan angket, soal test untuk mengukur pengetahuan, dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi (cros cek). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang kudapan tradisional rata-rata baik, sebanyak (85,72%) responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik terhadap kudapan tradisional, (14,28%) responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup baik terhadap kudapan tradisional. Upaya Ibu dalam menyajikan kudapan tradisional antara lain dengan cara membeli, membuat sendiri, serta membeli dan membuat sendiri kudapan tradisional yang disajikan untuk keluarga. Sebanyak (57,14%) responden menyajikan kudapan tradisional dengan cara membeli, (28,57%) membuat sendiri dan (14,28%) memilih untuk membelinya sekaligus memasak sendiri. Responden menyajikan kudapan tradisional dalam keluarga minimal sekali dalam seminggu dan paling banyak tiga kali dalam seminggu. Sebanyak (35,71%) responden menyajikan 1 kali dalam seminggu, (35,71%) responden menyajikan 2 kali dalam seminggu, dan (28,57%) responden menyajikan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Kudapan yang disajikan oleh responden antara lain : Getuk, Cenil, Pisang Goreng, Kue Nagasari, Lemper, Kue Lapis, Klepon, Madu Mongso, Wingko, Putu Ayu, Bolu Kukus, Serabi, Wajik, Jadah, Sosis Solo, Sawut, Onde-Onde isi kumbu, Martabak, Arem-arem dan Tape. Kudapan tradisional yang paling sering disajikan oleh responden adalah Kue Nagasari. Kata kunci : Penanaman kebiasaan makan, kudapan tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 035724021
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 09:53
Last Modified: 19 Mar 2015 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item