MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGHITUNG KELILING SERTA LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALYOSO GAMPING

Sutriningsih, - (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGHITUNG KELILING SERTA LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALYOSO GAMPING. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar menghitung keliling serta luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Tegalyoso dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Pendekatan PMR mempunyai banyak kelebihan diantaranya yaitu mengaitkan dan melibatkan lingkungan sekitar, mengaitkan pengalaman nyata yang pernah dialami siswa, siswa mengonstruksi sendiri pengetahuannya dan pembelajaran terasa bermakna bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model spiral yang dikembangkan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tegalyoso sebanyak 30 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar menghitung keliling serta luas jajargenjang dan segitiga siswa kelas IV SDN Tegalyoso dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui pendekatan PMR. Pendekatan PMR yang digunakan adalah menggunakan masalah nyata dalam kehidupan, menggunakan alat peraga, mendiskusikan hasil, menemukan konsep dengan menggunakan bahasa dan simbol mereka sendiri (matematisasi horisontal), guru memperkenalkan prosedur baku untuk menyelesaikan masalah menggunakan rumus (matematisasi vertikal). Jadi, sebelum mendapatkan konsep dari guru terlebih dahulu siswa menemukan sendiri konsep tersebut melalui kegiatan diskusi dan demonstrasi. Prestasi belajar pada pratindakan menunjukkan bahwa sebanyak 10 siswa (33,3%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (56,7%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86,7%). Nilai rata-rata siswa pada pratindakan mencapai 52,2 pada siklus I 62,7 dan pada siklus II menjadi 79,4. Kata kunci: prestasi belajar menghitung keliling serta luas jajargenjang dan segitiga, pendekatan PMR (Pembelajaran Matematika Realistik)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13265

Actions (login required)

View Item View Item