Hestu Widiyansah (2012) SURVEI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNSPECIFIED.
Text
ABSTRAK 6.doc Download (31kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan jasmani yang dibuat oleh guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kabupaten Cilacap. Perencanaan pembelajaran dimaksud adalah: perencanaan program tahunan, perencanaan program semester, silabus, dan RPP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan dan menjelaskan rencana pembelajaran Pendidikan Jasmani yang dibuat oleh guru SMP Negeri se-Kabupaten Cilacap. Populasi pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se- Kabupaten Cilacap, yang tersebar di 24 kecamatan dan berjumlah 198 guru. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 31 orang guru yang tersebar di 31 sekolah pada 12 kecamatan yang diambil dengan teknik cluster sampling atau kelompok sampling yang membagi populasi menjadi sub- sub populasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Reliabilitas angket perencanaan program tahunan sebesar (rKR-20) 0,771; program semesar 0,782; silabus 0,757; dan RPP 0,888. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Rencana pembelajaran pendidikan jasmani program tahunan pada guru pendidikan jasmani SMP Negeri se-Kabupaten Cilacap berada pada kategori baik, dengan rata-rata sebesar 64,16%; (2) Rencana pembelajaran pendidikan jasmani program semester pada guru pendidikan jasmani SMP Negeri se-Kabupaten Cilacap berada pada kategori baik, dengan rata-rata pencapaian skor sebesar 70,65%; (3) Rencana pembelajaran pendidikan jasmani berupa silabus pada guru pendidikan jasmani SMP Negeri se- Kabupaten Cilacap berada pada kategori baik, dengan rata-rata tingkat pencapaian sebesar 69,03%; (4) Rencana pembelajaran pendidikan jasmani berupa RPP pada guru pendidikan jasmani SMP Negeri se-Kabupaten Cilacap berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata pencapaian sebesar 90,91%. Menurut sebagian besar Guru Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kabupaten Cilacap dalam membuat perencanaan pembelajaran adalah untuk memperlancar proses pembelajaran. Kata kunci: Survei. Pembelajaran, Pendidikan Jasmani. vii, 67
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Admin PKR FIK |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 03:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 14:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1326 |
Actions (login required)
View Item |