PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK (BUZZ-GROUP) PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 KALASAN

Septa Fajar Ariyanto, Septa (2015) PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK (BUZZ-GROUP) PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI SEPTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kalasan melalui metode diskusi kelompok (Buzz-Group). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian 31 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kalasan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala komunikasi interpersonal. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan validitas konstrak. Reliabilitas skala komunikasi interpersonal diuji menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal melalui metode diskusi kelompok (buzz-group) pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kalasan. Peningkatan dapat dilihat dari selisih skor rata-rata pre-test dengan post-test I yaitu sebesar 24.58 atau 17.06%. Sedangkan siklus kedua peningkatan dilihat dari selisih skor rata-rata pre-test dengan post-test II yaitu sebesar 34.90 atau 24.22%. Kata kunci: komunikasi interpersonal, diskusi kelompok (Buzz-Group)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item