UNDERACHIEVEMENT PADA ANAK SUPERIOR DI KELAS AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Lia Ratna Wulan W., Lia (2015) UNDERACHIEVEMENT PADA ANAK SUPERIOR DI KELAS AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang karakteristik anak superior yang mengalami underachievement dan untuk menemukan penyebab munculnya permasalahan underachievement pada anak superior di kelas akselerasi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan sumber data penelitian menggunakan tehnik purposive yaitu sampel yang dipilih karena memang menjadi sumber informasi, sehingga subjek yang diteliti adalah siswa yang mengalami underachievement dengan subyek penelitian yaitu 3 siswa, 1 siswa berjenis kelamin perempuan dan 2 siswa berjenis kelamin laki-laki. Setting penelitian menggunakan setting sekolah dan keluarga. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terhadap 3 subyek yang mengalami underachievement menunjukkan bahwa (1) karakteristik anak superior yang underachievement ketiga subyek sama yaitu: Persepsi negatif akan kemampuan diri, hasrat untuk berprestasi yang rendah, locus control eksternal, tidak tekun selama proses belajar mengajar berlangsung, dan apatis terhadap pelajaran. Sedangkan subyek Mega berbeda dari subyek Tegar dan Dika yaitu sering melamun saat proses belajar mengajar berlangsung. (2) penyebab munculnya permasalahan pada anak superior yang underachievement dari ketiga subyek yaitu: a) faktor lingkungan sekolah, meliputi kurikulum pendidikan di kelas akselerasi dan materi pelajaran yang terlalu padat. b) faktor guru yaitu persepsi guru yang negatif terhadap kemampuan ketiga subyek dan harapan guru yang rendah terhadap kemampuan ketiga subyek. c) Faktor keluarga yaitu Orang tua tidak peduli terhadap arti sebuah prestasi dan Orang tua tidak memberi perhatian terhadap potensi yang dimiliki ketiga subyek. Kata kunci: underachievement, anak superior, kelas akselerasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item