Pengaruh Persepsi Guru tentang Digital Natives dan Sumber Belajar Digital terhadap Motivasi Guru Memanfaatkan Sumber Belajar Digital di SMA Regina Pacis Bajawa, SMA Seminari Mataloko dan SMA Negeri 1 Golewa, Ngada-NTT

Dopo, Ferdinandus Bate (2015) Pengaruh Persepsi Guru tentang Digital Natives dan Sumber Belajar Digital terhadap Motivasi Guru Memanfaatkan Sumber Belajar Digital di SMA Regina Pacis Bajawa, SMA Seminari Mataloko dan SMA Negeri 1 Golewa, Ngada-NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ferdinandus-bate-dopo-12707251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh persepsi guru tentang digital natives terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital (2) pengaruh persepsi guru tentang sumber belajar digital terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital dan (3) pengaruh persepsi guru tentang digital natives dan persepsi guru tentang sumber belajar digital secara bersama-sama terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Regina Pacis Bajawa, SMA Seminari Mataloko dan SMA Negeri 1 Golewa. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai persepsi guru tentang digital natives, persepsi guru tentang sumber belajar digital dan motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. Data dianalisis menggunakan skala Likert dengan pilihan Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Cukup (C), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS) dengan bobot masing-masing 5, 4, 3, 2 dan 1. Pengembangan instrumen didasarkan pada kisi-kisi instrumen yang merupakan kajian teori yang relevan dengan variabel penelitian. Untuk menguji validitas dan reliablilitas instrument, dilakukan uji coba instrumen yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan teknik statistik uji t dan uji F dengan taraf signifikaansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang digital natives terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang sumber belajar digital terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan, persepsi guru tentang digital natives dan persepsi guru tentang sumber belajar digital secara bersama-sama terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi, digital natives, sumber belajar digital, motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item