Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Kelas Satu di Kecamatan Depok Sleman

Purwantyo, Ari (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Kelas Satu di Kecamatan Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-purwantyo-11711251030.swf

Download (3MB)

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan model pembelajaran integratif pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD kelas satu di Kecamatan Depok Sleman dalam bentuk kegiatan permainan semutan. Penelitian pengembangan ini terdiri atas dua tahap, yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri penyusunan draf model, validasi ahli, ujicoba terbatas, dan ujicoba luas. Validasi ahli melibatkan 5 orang ahli dengan menggunakan teknik Delphi. Ujicoba skala terbatas dilakukan di SD Deresan. Ujicoba skala luas dilakukan di SD Deresan dan SD Catur Tunggal 7. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket dan pedoman pengamatan penilaian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil ujicoba skala terbatas, model yang dikembangkan dalam kategori baik (75%), sementara dalam ujicoba skala luas model yang dikembangkan dalam kategori sangat baik (94%). Berdasarkan kedua ujicoba, model pembelajaran integratif pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD kelas satu efektif untuk meningkatkan afektif (ketertiban dan percaya diri), keterampilan (melempar), pengetahuan (penguasaan pengetahuan permainan dan ketepatan menghitung bola).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model, pembelajaran integratif
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item