Dominika Triastiti, Dominika (2015) TINGKAT PEMAHAMAN KETERAMPILAN KONSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Skripsi_Dominika Triastiti.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman keterampilan konseling pada guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek seluruh guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul yang berjumlah 63 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pemahaman keterampilan konseling. Uji coba instrumen pada 30 subjek yang masih ada dalam populasi. Uji validitas dilakukan dengan analisis faktor dan mengkorelasikan skor faktor dengan skor total. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,975 yang artinya skala tersebut reliabel. Analisis data yang digunakan, yaitu dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul, tidak ada guru (0%) dalam kategori sangat rendah maupun kategori rendah, 1 guru (1,67%) dalam kategori sedang, 32 guru (53,33%) dalam kategori tinggi, dan 27 guru (45%) dalam kategori sangat tinggi. Jadi, sebagian besar tingkat pemahaman keterampilan konseling pada guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul berada pada kategori tinggi. Kata kunci: keterampilan konseling, guru bimbingan dan konseling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13236 |
Actions (login required)
View Item |