PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN TEAMWORK PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Junia Iriawati Ika Putri, Junia (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN TEAMWORK PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_JUNIA IRIAWATI IKA PUTRI_BK_UNY_1010244040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta melalui teknik permainan Team work. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researh) yang dilaksanakan dalam satu siklus menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus 1 dilaksanakan melalui lima tindakan dengan menggunakan lima permainant Team work yang berbeda-beda yaitu menyeberangi sungai, menggiring bola, see our feet, the longest tie dan trust falls. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode permainan Team work mampu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan skor rata-rata (mean) yang dicapai siswa mengalami peningkatan dari 110,69 menjadi 138,31 dengan persentase peningkatan sebesar 26,35%. Kemampuan komunikasi interpersonal pada pra siklus untuk kategori tinggi tidak ada, kategori sedang sebanyak 21 siswa (65,6%) dan kategori rendah sebanyak 11 siswa (34,4%). Kemudian pada siklus I, kemampuan komunikasi interpersonal sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 25 siswa (78,1%), kategori sedang sebanyak 7 siswa (21,9%) dan kategori rendah menjadi tidak ada. Hasil interpreasi skala yang menunjukkan 75% siswa termasuk dalam kategori tinggi, hasil interpretasi lembar observasi menunjukkan 50% siswa telah memunculkan aspek komunikasi interpersonal, dan hasil wawancara menunjukkan siswa sudah mampu memahami dan menjelaskan tentang kemampuan komunikasi interpersonal. Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, permainan team work

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item