PENINGKATAN EFIKASI DIRI MELALUI INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X IPA 2 DI SMA NEGERI 1 CIPARI, KABUPATEN CILACAP

Fahlaivi Rizal, Fahlaivi (2015) PENINGKATAN EFIKASI DIRI MELALUI INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X IPA 2 DI SMA NEGERI 1 CIPARI, KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Cipari Kabupaten Cilacap melalui investigasi kelompok. Metode investigasi kelompok diharapkan dapat meningkatkan efikasi diri siswa yang meliputi aspek level, generalisasi, dan kekuatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah 31 siswa. Penentuan subyek dipilih menggunakan teknik purposive. penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Cipari Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri. Instrumen yang digunakan adalah skala efikasi diri. Validitas skala efikasi diri yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruksi. Reliabilitas skala efikasi diri sebesar 0,934 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian yaitu apabila terjadi peningkatan skor pada skala efikasi diri dari rendah ke sedang atau sedang ke tinggi. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Silkus tersebut terdiri dari tiga tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi awal efikasi diri siswa kelas X IPA 2 rendah. Kondisi ini dibuktikan dari pre-test rata-rata skor efikasi diri siswa yaitu 105, 16 termasuk dalam kategori rendah. (2)Selanjutnya pada siklus I diberikan 3 tindakan menggunakan metode investigasi kelompok dengan materi sistem hukum NKRI, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan pelanggaran hak, sehimgga efikasi diri siswa kelas X IPA 2 menjadi meningkat. Peningkatan skor efikasi diri dapat dilihat dari hasil post-test yang mengalami peningkatan. Rata-rata hasil pre-test adalah 105,16 termasuk dalam kategori rendah, setelah dilakukan tindakan rata-rata hasil post-test menjadi 128,8 termasuk dalam kategori tinggi pada skala efikasi diri. Selain itu siswa yang mendapat skor kategori tinggi sebesar 93,5 % atau 29 siswa dari 31 siswa. (3)setiap tindakan dalam penelitian ini diawali dengan ice breaking dan peneliti menciptakan suasana komunikasi secara terbuka, saling menghargai dan saling menerima. Kata kunci: efikasi diri, investigasi kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item