PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIMANAH WETAN KECAMATAN KALIMANAH

Yuliani Diah, Nastiti (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIMANAH WETAN KECAMATAN KALIMANAH. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran bercerita menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalimanah Wetan dan untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalimanah Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalimanah Wetan, Purbalingga yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan bercerita melalui pendekatan keterampilan proses. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumen, dan tes. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif (tes) dan deskriptif kualitatif (observasi). Penelitian ini menggunakan analisis hasil tes keterampilan bercerita dan analisis data hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalimanah Wetan. Terdapat peningkatan proses keterampilan bercerita yang ditandai dengan beberapa siswa sudah berani bertanya, berani tampil bercerita, keterampilan bercerita lebih baik dan lancar, serta penguasaan materi yang lebih baik. 2) Sebelum dilakukan tindakan rata-rata keterampilan bercerita kelas V yaitu 62,84. Pada siklus I rata-rata keterampilan bercerita siswa adalah 71,26 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 5,63 menjadi 76,89. Siswa yang dalam kategori tuntas dalam pembelajaran mencapai 89,5%, sedangkan yang belum tuntas hanya sebesar 10,5%. Aktivitas saat penerapan pendekatan proses juga masuk dalam kategori tinggi sebesar 87,00 (91,58%) dari skor ideal sebesar 95 (100%). Kata Kunci: Pendekatan keterampilan proses, keterampilan bercerita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item