Model Evaluasi Reflektif Kurikulum Mata Kuliah Keahlian Pendidikan Bahasa Inggris dalam Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme)

Gultom, Monika (2013) Model Evaluasi Reflektif Kurikulum Mata Kuliah Keahlian Pendidikan Bahasa Inggris dalam Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-monika-gultom-09701261014.swf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi kurikulum rumpun mata kuliah keahlian (MKK) pendidikan bahasa Inggris (PBI) yang mampu memotret penuangan nilai-nilai karakter bangsa (nasionalisme) dalam kurikulum pembelajaran yang diselenggarakan, melalui refleksi diri untuk memastikan adanya muatan karakter bangsa dalam mempersiapkan calon guru bahasa Inggris yang kompeten, profesional dan juga mempunyai kesadaran membentuk karakter bangsa peserta didik melalui pembelajaran yang diberikan. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Proses pengembangan dilakukan melalui lima tahap, yaitu studi awal, pendefinisian, perancangan, peragaan, dan pengembangan. Penetapan konstruk instrumen dilakukan melalui penilaian pakar evaluasi pendidikan, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan karakter, kurikulum, pendidikan kewarganegaraan, dan pengukuran. Subyek penelitian terdiri atas dosen dan mahasiswa di Prodi PBI yang ada di DIY, yaitu Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Penentuan koefisien reliabilitas instrumen evaluasi dan untuk mengetahui koefisien jalur dengan variabel laten digunakan analisis model persamaan struktural menggunakan program SmartPLS (Partial Least Squares) Versi 2 oleh Ringle, Wende, & Will (2005), dan uji kelayakan model menggunakan program GeSCA (Generalised Structured Component Analysis) oleh Heungsun Hwang. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Model evaluasi yang dikembangkan mencakup lima konstruk kurikulum bermuatan karakter bangsa yang terdiri dari dimensi konteks kurikulum, pengetahuan dosen tentang pendidikan karakter, bahan ajar, proses pembelajaran dan produk pembelajaran afeksi (karakter bangsa mahasiswa) yang fit (cocok) dengan model yang didukung dengan data empirik dengan nilai GFI 0,99 sesuai kriteria mendekati 1 atau ≥ 0,98 dan SRMR 0,06 sesuai kriteria mendekati 0 atau ≤ 0,08. 2) Instrumen evaluasi yang dikembangkan telah teruji validitasnya karena memiliki muatan faktor lebih dari 0,5 dan koefisien reliabilitas komposit yang tinggi yaitu diatas 0,7 dengan rincian: instrumen evaluasi muatan karakter bangsa dalam konteks kurikulum MKK PBI 0,93; pengetahuan dosen tentang pendidikan karakter 0,91; muatan karakter bangsa dalam bahan ajar 0,95; muatan karakter bangsa dalam PBM 0,95; dan produk pembelajaran afeksi 0,86. 3) Model evaluasi yang dikembangkan terdiri dari seperangkat instrumen evaluasi, skema model evaluasi, panduan penerapan kegiatan evaluasi, kriteria penyekoran, dan bukti empiris.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi reflektif, evaluasi kurikulum, karakter bangsa
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 09 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13230

Actions (login required)

View Item View Item