PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERUPA RPP & LKS DENGAN PENDEKATAN PBL PADA MATERI MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA

Widiaswari, Swasti Diah (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERUPA RPP & LKS DENGAN PENDEKATAN PBL PADA MATERI MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (224MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP&LKS dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi Matriks untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK jurusan Multimedia. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berupa RPP&LKS dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Develop). Tahap define meliputi (1) front-end analysis; (2) learner analysis; (3) task analisis; (4) concept analysis; (5) specifying instructional objectives. Tahap design merupakan penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP&LKS dengan pendekatan PBL serta penyusunan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematika. Pada tahap develop meliputi (1) validasi instrumen dan perangkat pembelajaran diikuti revisi; (2) uji coba terbatas produk pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa kualitas RPP ditinjau dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukan bahwa perolehan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 3,27 dari skor maksimalnya 4. Kualitas LKS yang ditinjau dari aspek kevalidan dari segi materi dan media termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukan perolehan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 3,43 dari skor maksimalnya 4, sedangkan perolehan skor rata-rata dari ahli media sebesar 3,36 dari skor maksimalnya 4. Dengan demikian perolehan skor rata-rata dari ahli materi dan media sebesar 3,39 dari skor maksimalnya 4. Kualitas LKS ditinjau dari aspek kepraktisan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase kepraktisan sebesar 93%. Kualitas LKS ditinjau dari aspek keefektifan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93%. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP&LKS dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK jurusan Multimedia memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Matriks, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: NIM: 10313244030
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Matriks, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item