PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VA SD NEGERI SINDUADI 1MLATI SLEMAN DIY

Uswatun, Khasanah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VA SD NEGERI SINDUADI 1MLATI SLEMAN DIY. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri Sinduadi 1 dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya hasil belajar matematika siswa Kelas VA SD Negeri Sinduadi 1, dimana guru belum pernah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah pelaksanaan pada tiap siklusnya, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Sinduadi 1, Sleman, DIY. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara tidak terstruktur, pengamatan, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data menggunakan teknikanalisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri atas 5 tahap, yaitu tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individu, tahap perhitungan skor individu, dan tahap penghargaan kelompok, dapat meningkatan hasil belajar matematika siswa SD Negeri Sinduadi 1. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 59,375% menjadi 80,645% pada siklus 2, dengan rata-rata kelas meningkat dari 58,67 pada siklus 1 mejadi 68,39 pada siklus 2. Kata kunci: pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item