Pengembangan Instrumen Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok dan Fungsi

Sadtyadi, Hesti (2013) Pengembangan Instrumen Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok dan Fungsi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hesti sadtyadi-09701261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen kinerja guru sekolah dasar, dengan maksud mengetahui indikator serta faktor yang dapat digunakan dalam menyusun instrumen kinerja guru sekolah dasar, sehingga dapat memberikan masukan dalam menyusun intrumen penilaian kinerja guru yang sesuai. Pengembangan instrumen kinerja guru sekolah dasar, dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode research and development, berdasarkan model pengembangan pembelajaran Borg and Gall, yang disesuaikan. Prosedur pengembangan dibagi menjadi: tahap pendahuluan, tahap perencanaan, tahap uji coba, evaluasi dan revisi, dan tahap implementasi. Subjek coba adalah guru sekolah dasar di wilayah Surakarta. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan intrumen penilaian diri, penilaian sejawat dan penilaian atasan, atau kepala sekolah. Teknik analisis dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan kualitatif. Pendekatan kualitatif untuk menganalisis masukan-masukan dari pakar dan guru, serta validitas Aikends sebagai validitas isi. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam analisis validitas konstruk, reliabilitas intrumen, serta hasil. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, intrumen tersebut valid dan reliabel. Hasil analisis faktor menunjukkan fit model yang cukup baik, berarti hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut. 1) Instrumen kinerja guru sekolah dasar dapat disusun oleh komponen tugas guru dalam mengajar, mendidik, melatih dan mengarahkan, membimbing, serta menilai dan mengevaluasi. 2) Indikator tugas guru sekolah dasar dalam mengajar terdiri dari (a) membuat rencana program mengajar, (b) melaksanakan program pembelajaran, dan (c) melaksanakan tindak lanjut program pembelajaran. 3).Indikator tugas guru sekolah dasar dalam mendidik meliputi. a) mengembangkan potensi peserta didik, b) mengembangkan kepribadian peserta didik, dan c) melaksanakan penyesuaian penyelengaraan mendidik. 4).Indikator tugas guru sekolah dasar dalam melatih dan megarahkan yaitu. (a) memberikan motivasi belajar, (b) memberikan panduan dalam belajar, dan (c) membiasakan berperilaku positip. 5).Indikator tugas guru sekolah dasar dalam membimbing meliputi. (a) membuat rencana program bimbingan, (b). melaksanakan program bimbingan, dan (c) melaksanakan tindak lanjut program bimbingan. 6). Indikator tugas guru sekolah dasar dalam menilai dan mengevaluasi meliputi : (a) menyusun rencana evaluasi, (b) melaksanakan dan memanfaatakan hasil evaluasi. Berdasarkan fit model terbaik, maka penilaian tugas guru dalam mengajar dan melatih lebih tepat meggunakan instrument penilaian atasan. Tugas guru dalam mendidik dan membimbing lebih tepat menggunakan instrumen penilaian diri, serta tugas guru dalam menilai dan mengevaluasi lebih tepat menggunakan instrumen penilaian teman sejawat.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:13
Last Modified: 20 Sep 2022 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item