PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP JOGOBOYO PURWODADI PURWOREJO

Mentari, Nagraha Janter (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP JOGOBOYO PURWODADI PURWOREJO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH CETAK SKRIPSI (RKH foto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B di TK Satu Atap Jogoboyo, Purwodadi, Purworejo; 2) Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card pada anak Kelompok B di TK Satu Atap Jogoboyo, Purwodadi, Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 anak Kelompok B TK Satu Atap Jogoboyo dengan usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 15 anak perempuan dan 12 anak laki-laki Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu kemampuan membaca permulaan anak meningkat dan memperoleh rata-rata persentase lebih dari 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan yang dapat mencapai kriteria keberhasilan yaitu perolehan rata-rata persentase lebih dari 80%. Pada tahap Pratindakan kemampuan membaca permulaan anak memperoleh rata-rata persentase sebesar 39,24% yang termasuk dalam kriteria kurang baik, meningkat menjadi 62,64% yang termasuk dalam kriteria baik pada Siklus I, dan menjadi 82,24% yang termasuk dalam kriteria sangat baik pada Siklus II. Langkah-langkah penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card, yaitu: 1) Guru menyusun media flash card kemudian dipegang setinggi dada dan menghadap ke anak, 2) guru menerangkan dan membacakan satu per satu flash card secara cepat dalam waktu 1-5 detik, 3) anak diberikan tugas untuk menunjukkan media flash card yang mempunyai huruf awal yang sama seperti yang ditunjukkan guru, menunjukkan media yang mempunyai bunyi (suku kata) awal yang sama seperti yang ditunjukkan guru, dan membaca gabungan suku kata yang terdiri dari 2 suku kata berpola k–v–k–v (konsonan–vokal–konsonan–vokal). Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media flash card, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111241010
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13211

Actions (login required)

View Item View Item