Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak

Mudjilah, Hanna Sri (2014) Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hanna-sri-mudjilah-07701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan instrumen pengukuran yang dapat untuk mengukur tingkat kemampuan musikal anak, dan 2) mengetahui karakteristik bentuk instrumen pengukuran yang dapat mengukur tingkat kemampuan musikal anak. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang mengembangkan tes yang dapat mengukur tingkat kemampuan musikal anak. Sebelum tes ini disusun, terlebih dahulu dilakukan studi terhadap beberapa tes yang telah ada. Tes yang dihasilkan telah melalui proses validitas dan reliabilitas. Validitasnya dicapai dengan validitas expert, dalam bentuk masukan-masukan terhadap materi tes. Melalui kegiatan focus group discussion (FGD) para expert saling melengkapi dan memberikan masukan terhadap faktor-faktor yang dapat mengungkap kemampuan musikal. Hasil akhir dari prototype tes kemampuan musikal anak disepakati untuk mengungkap tiga kemampuan musikal yang diperlukan, yaitu: (1) membedakan, (2) menirukan, dan (3) merespon. Konsistensi antar rater dilakukan dengan penghitungan Cronbach Alpha dan program GENOVA dari Brennan. Hasil penelitian ini secara tentatif menunjukkan konsistensi inter-rater reliability dengan menggunakan Cronbach Alpha, dan program GENOVA, yang menyatakan bahwa tes kemampuan musikal anak yang dikembangkan itu reliabel. Adapun hasil konsistensi antar lima rater, pada tes kemampuan musikal anak dengan menggunakan penghitungan Cronbach Alpha maupun program GENOVA, menunjukkanr > 0.70, dapat disimpulkan bahwa tes kemampuan musikal anak yang dikembangkan tersebut reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan musikal anak.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: tes, kemampuan musikal, musik, asesmen
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:04
Last Modified: 28 Jun 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item