PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Matutina, Jemmi Andrian (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_JemmiAndrian_07301244044.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual yang baik dan mengetahui kualitas bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan LKS mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah LKS matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar untuk siswa berupa LKS, buku pegangan guru dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi bahan ajar, lembar observasi pembelajaran, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. LKS terdiri dari 3 Bab yaitu bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, operasi hitung pada bentuk aljabar serta persamaan dan pertidaksaman linear satu variabel. Struktur LKS secara umum adalah Judul, petunjuk belajar, kompetensi yang akan tercapai, informasi pendukung, latihan, langkah-langkah kegiatan dan penilaian. LKS mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VII ini dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE, yaitu: a) analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya bahan ajar, dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis materi bentuk aljabar yang hanya mendapat 57,77% dalam presentase daya serap siswa untuk Provinsi DIY, dan analisis kurikulum sesuai dengan KTSP; b) design: pengumpulan referensi, perancangan isi materi sesuai dengan aspek kontekstual, penyusunan LKS, penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan media yang digunakan; c) development: pembuatan bahan ajar, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan bahan ajar, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; d) implementation: uji coba untuk memperoleh kepraktisan dan keefektifan penggunaan bahan ajar; e) evaluation: menganalisis kepraktisan dan keefektifan bahan ajar dan merevisi produk tahap II. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria bagus/sesuai dan sangat bagus/sangat sesuai berdasarkan penilaian ahli media dan materi dengan skor masing-masing 3,94 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria tinggi berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masing-masing 4,23 dan 4,06 dan hasil observasi pembelajaran sebesar 89,40%; c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 72%. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, lembar kerja siswa, bentuk aljabar, pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 07301244044
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, lembar kerja siswa, bentuk aljabar, pendekatan kontekstual.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item