MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DAN EKSPRESI GEMBIRA MENGGUNAKAN KEGIATAN KIRIGAMI DAN MENYANYI KELOMPOK B TK PERTIWI JOMBORAN 1 KLATEN

Ferani, Dwi Hapsari (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DAN EKSPRESI GEMBIRA MENGGUNAKAN KEGIATAN KIRIGAMI DAN MENYANYI KELOMPOK B TK PERTIWI JOMBORAN 1 KLATEN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ferani Dwi Hapsari - NIM 10111241018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan ekspresi gembira menggunakan kegiatan kirigami dan menyanyi kelompok B di TK Pertiwi Jomboran I, Klaten Tengah, Klaten. Keterampilan motorik halus yang ditingkatkan yaitu keterampilan melipat dan menggunting kertas. Ekspresi emosi positif yang ditingkatkan yaitu ekspresi gembira. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Jomboran I, Jomboran, Klaten Tengah, Klaten, dengan jumlah 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus dan ekspresi gembira kelompok B TK Pertiwi Jomboran I, Klaten Tengah, Klaten dapat ditingkatkan menggunakan kegiatan kirigami dan menyanyi yang dilakukan secara terintergrasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pratindakan sampai siklus II, yang semula ekspresi gembira berada pada kriteria kurang bahagia (39,99%) meningkat di siklus I menjadi cukup gembira (74,56%) dan siklus II menjadi gembira (91,42%). Keterampilan motorik halus anak yang semula rata-rata berada pada kriteria mulai berkembang (38,19 %), meningkat di siklus I menjadi berkembang sesuai harapan (68,15 %) dan siklus II meningkat menjadi berkembang sangat baik (86,30 %). Adapun langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan kirigami dan menyanyi antara lain: Anak menyanyikan lagu bersama-sama dengan semangat. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kirigami yaitu: 1) Anak mengenal alat dan bahan kegiatan kirigami; 2) Anak mencoba menggunakan gunting dengan memegang gunting, kemudian menirukan guru bagaimana menggunakan gunting yang benar; 3) Guru menjelaskan langkah-langkah kirigami (melipat kertas secara simetris, membuat pola, menggunting sesuai pola) kemudian anak menirukan; 4) Jika ada anak yang belum bisa, guru membimbingnya. Kata kunci : Keterampilan Motorik Halus, Kirigami, Menyanyi, Ekspresi Gembira, Taman Kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111241018
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item