PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DRILL DENGAN MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA MUBAROK TUKANGAN YOGYAKARTA

Nurul, Aini Rochmatun (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DRILL DENGAN MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA MUBAROK TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Nurul Aini Rochmatun.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui metode drill dengan menggambar pada anak kelompok A TK ABA Mubarok Tukangan Yogyakarta. Metode drill merupakan cara mengajar dengan memberikan latihan kepada anak. Latihan yang diberikan berupa kegiatan menggambar motif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini anak Kelompok A TK ABA Mubarok Tukangan Yogyakarta, berjumlah 19 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dengan menggambar motif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus meliputi menggaris motif, menebalkan motif dan mewarnai motif pada anak Kelompok A di TK ABA Mubarok tukangan Yogyakarta. Kemampuan motorik halus yang dicapai anak Kelompok A, sebelum tindakan, mencapai 39,18% dengan kriteria kurang. Pada tindakan Siklus I mencapai 69,59% dengan kriteria cukup. Pada tindakan Siklus II mencapai 93,10% dengan kriteria baik. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A dari sebelum tindakan ke tindakan Siklus I mencapai 30,41% dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II mencapai 25,14%. Langkah-langkah metode drill dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) sebelum menggambar, anak diberi latihan menggaris, menebalkan dan mewarnai sesuai dengan tahapan teknik menggambar, (2) latihan menggaris, menebalkan dan mewarnai dilakukan pada setiap anak untuk memudahkan pengarahan dan koreksi, (3) memberikan pujian pada anak yang sudah melakukan teknik menggambar dengan baik, dan memberikan motivasi pada anak yang belum berhasil dalam teknik menggambar, dan (3) motif gambar dibuat lebih bervariasi dengan membuat motif daun dan bunga, dan dibuat dengan ukuran lebih besar yaitu ukuran A4. Kata kunci: kemampuan motorik halus, metode drill, anak kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111247010
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13198

Actions (login required)

View Item View Item