PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KALIKOTAK SENDANGSARI MINGGIR SLEMAN

Titik, Asroriyah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA KALIKOTAK SENDANGSARI MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_10111244036.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui penggunaan media papan flanel pada anak kelompok B TK ABA Kalikotak, Sendanggrejo, Minggir, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Kalikotak, terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata-rata kelas kemampuan membaca awal anak telah mencapai persentase sebesar 76 % atau lebih. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan persentase rata-rata kelas kemampuan membaca awal pada setiap siklusnya. Persentase rata-rata kelas kemampuan membaca awal pada saat Pratindakan sebesar 47,22%, pada Siklus I menjadi 56,11%, pada Siklus II menjadi 67,5%, pada Siklus III menjadi 79,44%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) guru mempersiapkan media papan flanel beserta item-itemnya, (2) anak memberi contoh cara mengenali huruf dan kata, (3) memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, (4) anak diberi kesempatan melihat, meraba huruf-huruf dan melepas atau menempel item-item, (5) guru lebih menekankan pengenalan huruf yang masih sulit dikenali anak, (6) memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca awal masih sulit, anak lebih dibimbing dan dimotivasi. Kata Kunci : kemampuan membaca awal, media papan flanel, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111244036
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item View Item