PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL

Oktavia, Nuraeni (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD SEDYO RUKUN BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_10111244039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan kertas pada anak kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro, Bantul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B masih memerlukan banyak stimulasi yang diberikan khususnya pada keterampilan motorik halus anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan kertas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada tiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 52,78%, pada siklus I sebesar 72,84% dengan peningkatan 20,06% dan pada siklus II sebesar 80,56% dengan peningkatan 7,72%, sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam anak melebihi indikator keberhasilan yaitu 76%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penjelasan langkah-langkah dalam menganyam lebih diperjelas dengan cara anak-anak mengikuti “atas-bawah” dan “bawah-atas” saat guru mencontohkan dalam menganyam, (2) kertas yang digunakan yaitu kertas buffalo warna-warni sehingga dapat menarik minat anak dalam menganyam karena kertas buffalo lebih tebal dibandingkan kertas origami maupun kertas manila, (3) kertas untuk menganyam dibentuk sesuai dengan tema, dan (4) diberikan reward berupa lolipop gambar animasi. Kata Kunci: keterampilan motorik halus, menganyam dengan kertas

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111244039
Uncontrolled Keywords: keterampilan motorik halus, menganyam dengan kertas
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item