MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1- 10 MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A3 TK ABA KETANGGUNGAN YOGYAKARTA

Nunik, Sulistiati (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1- 10 MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A3 TK ABA KETANGGUNGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Nunik Sulistiati.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang angka 1–10 melalui metode bermain kartu angka pada anak kelompok A3 di TK ABA Ketanggungan Yogyakarta. Kemampuan membilang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menyebutkan angka, mengurutkan angka dan menghubungkan angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A3 yang berjumlah 25 anak, yang terdiri dari 15 anak perempuan, dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang pada anak kelompok A3 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta dapat ditingkatkan melalui metode bermain dengan kartu angka. Hal ini dibuktikan dari hasil yang dicapai pada tindakan siklus 1, kemampuan membilang angka 1-5 rata-rata mencapai 5 anak (20,00%), kemampuan membilang angka 1-7 rata-rata mencapai 12 anak (48,00%), dan kemampuan membilang angka 1-10 rata-rata mencapai 8 anak (32,00%). Pada tindakan siklus 2, kemampuan membilang angka 1-7 (skor 2) rata-rata mencapai 4 anak (16,00%), dan kemampuan membilang angka 1-10 (skor 3) rata-rata mencapai 21 anak (84,00%). Langkah-langkah yang efektif dalam penelitian ini dalam upaya meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok A3 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta, yaitu (1) guru mengubah teknik pelaksanaan secara klasikal dibagi menjadi lima kelompok, (2) memberikan reward berupa tanda bintang untuk anak yang mampu membilang dengan baik, (3) ukuran angka dalam kartu dibuat dengan ukuran 15×15 cm dan dilengkapi dengan Lembar Kerja Anak (LKA), (4) kartu angka 1-10 yang dibuat jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan anak, tanpa anak harus menunggu lebih lama untuk mendapat giliran bermain. Kata kunci: kemampuan membilang, kartu angka, anak kelompok A3

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item