PENGARUH MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI RINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nugroho, Prasetyo (2015) PENGARUH MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI RINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
17 Prasetyo Nugroho 10505241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui tingkat minat baca siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) mengetahui tingkat kebiasaan belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) mengetahui tingkat prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (4) mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (5) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (6) mengetahui pengaruh minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 65 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 55 orang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) tingkat minat baca siswa termasuk tinggi (dengan modus sebesar 49,32%), (2) tingkat kebiasaan belajar siswa termasuk tinggi (dengan modus sebesar 46,15%, (3) tingkat prestasi belajar siswa termasuk rendah (dengan modus sebesar 58,46%, (4) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai thitung (2,638) > ttabel (1,997) dengan nilai signifikan 0,011, (5) kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai thitung (4,032) > ttabel (1,997) dengan nilai signifikan 0,000, (6) minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien regresi X1 sebesar 0,261, koefisien regresi X2 sebesar 0,374, faktor determinasi sebesar 64,9%, dan nilai Fhitung (57,270) > Ftabel (3,145) dengan nilai signifikan 0,000. Kata kunci: minat baca, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item