STUDI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TK KELOMPOK B SE-KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Mona, Maerina (2015) STUDI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TK KELOMPOK B SE-KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MONA MAERINA 10111241021PG PAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak TK Kelompok B Se-Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Hal ini dilatar belakangi karena adanya perdebatan tentang peraturan boleh dan tidak diperbolehkannya pembelajaran berhitung di TK. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Kelompok B Se-Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu meliputi 1) TK yang berbasis keagamaan yaitu TK ABA Dukuh, TK ABA Gedongkiwo, TK ABA Suryowijayan, dan TK Indriyasana Pugeran; 2) TK swasta meliputi TK Pedagogia; serta 3) TK negeri meliputi TK Suryodinigratan dan TK PKK Minggiran. Selanjutnya menentukan anak yang dijadikan sampel penelitian dengan mengambil anak laki-laki dan perempuan. Pada TK PKK Minggiran jumlah anak laki-laki sebanyak 5 anak sehingga jumlah 5 anak laki-laki tersebut menjadi sampel dalam setiap TK. Untuk itu sampel anak ditentukan dengan cara quota sampling yaitu menentukan sampel dengan menentukan jumlah, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan dalam setiap TK dengan jumlah total 70 anak. Indikator dalam penelitian yaitu tahapan kemampuan berhitung 1-5, 6-10, 11-15, dan 16-20 dengan menggunakan jari, kartu domino, dan sempoa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak TK Kelompok B Se-Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta termasuk dalam kategori berkembang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata berhitung 1-5 sebesar 9,99; berhitung 6-10 sebesar 9,91; berhitung 11-15 sebesar 9,66; dan berhitung 16-20 sebesar 9,16. Dengan demikian rata-rata keseluruhan adalah sebesar 9,68 yang masuk dalam kriteria berkembang sangat baik, yaitu antara 8,00-10,0. Kata kunci: kemampuan, berhitung, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item