PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADAANAKKELOMPOK B2 RA MA’ARIF NUKARANG TENGAHKERTANEGARAPURBALINGGA

Ari, Musodah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADAANAKKELOMPOK B2 RA MA’ARIF NUKARANG TENGAHKERTANEGARAPURBALINGGA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ari Musodah(10111244004).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaanmelalui media kartu kata bergambarpadaanakKelompok B2RA Ma’arif NU Karang Tengah KertanegaraPurbalinggaTahunAjaran 2013/2014.Hal inidilatarbelakangiolehrendahnyakemampuananakdalammembacapermulaan. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggartyang dilakukandalamduasiklus. Subjekpenelitianyakni24 anakKelompok B2 yang terdiridari15anaklaki-lakidansembilananakperempuan.Objekpenelitianyaknikemampuanmembacapermulaan.Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniyaituobservasidandokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakanberupa instrumen lembar observasi yang berbentuk checklist, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf, indikator menyebutkan fonem yang sama, dan indikator membaca kata. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif.Indikatorkeberhasilandalampenelitianiniadalahjikapersentasemasing-masingindikatorkemampuanmembacapermulaanpadaanaktelahmencapai ≥80% dengankriteriabaik Hasilpenelitianmenunjukanbahwamedia kartu kata bergambardapatmeningkatkankemampuanmembacapermulaan.PadatahapPratindakanpersentase rata-rata ketercapaiananakbarumencapaipresentase42,59%, padapelaksanaanSiklus I presentase yang dicapaisebesar 68,34%, danpencapaiankemampuanmembacapermulaanpadaSiklus II sebesar 95,57%. PeningkatandariPratindakankeSiklus I sebesar 25,75%, danpeningkatandariSiklus I keSiklus II sebesar 27,23%.Langkah-langkahpenggunaanmedia kartu kata bergambaryang dapatmeningkatkankemampuanmembacapermulaansebagaiberikut: 1) setiapkelompokmemperoleh 21 media kartu kata bergambar; 2) guru mengenalkansatu persatulambangbunyihuruf yang membentuk kata;3) mengenalkankataatau kata bendayang memilikifonem yang sama;4) membaca kata yang terdapatpadagambar; dan 5) anak-anakdibimbinguntukmenjodohkankartu kata dengangambar yang sesuai, kemudianmenyebutkanlambangbunyihuruf, menyebutkanfonem yang sama, danmembaca kata. Kata kunci:kemampuanmembacapermulaan, media kartu kata bergambar, anak Kelompok B2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13180

Actions (login required)

View Item View Item