IDENTIFIKASI KOMPETENSI HARD SKILL DAN SOFT SKILL MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA DALAM PRAKTEK INDUSTRI BIDANG PRODUKSI DAN PELAYANAN RESTORAN

NURYATI S., ANIS (2015) IDENTIFIKASI KOMPETENSI HARD SKILL DAN SOFT SKILL MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA DALAM PRAKTEK INDUSTRI BIDANG PRODUKSI DAN PELAYANAN RESTORAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 hal 2.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II hal 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III hal 1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV hal 1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kompetensi hard skill yang dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Boga dalam praktek industri bidang produksi restoran, 2) kompetensi soft skill yang dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Boga dalam praktek industri bidang produksi restoran, 3) kompetensi hard skill yang dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Boga dalam praktek industri bidang pelayanan restoran, 4) kompetensi soft skill yang dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Boga dalam praktek industri bidang pelayanan restoran, 5) kompetensi yang dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Boga setelah melaksanakan praktek industri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di restoran non formal yaitu: Gudeg Bu Tjitro, Prambanan Garden Resto, Pesta Perak Restoran, Restoran Taman Pring Sewu dan Sogan Village Restoran. Validitas instrumen mengunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas mengunakan rumus KR-20. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket tertutup dan angket terbuka dengan sampel 5 reponden dari bidang produksi dan 5 responden dari bidang pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetansi hard skill bidang produksi yang dikuasai oleh mahasiswa, pada aspek pengetahuan menunjukkan kategori baik dengan prosentase 33%, cukup baik dengan prosentase 27%, kurang baik dengan prosentase 27%, dan sangat kurang baik dengan prosentase 13%. Aspek ketrampilan sebagian besar menunjukkan tingkat penguasaan kompetensi antara 40% sampai dengan 60%. 2) Kompetansi soft skill bidang produksi yang dikuasai oleh mahasiswa, pada aspek interpersonal intelligece menunjukkan kategori baik dengan prosentase 80% dan cukup baik dengan prosentase 20%. Aspek intrapersonal intelligece menunjukkan kategori baik dengan prosentase 40% kategori kurang baik dengan prosentase 60%. 3) Kompetansi hard skill bidang pelayanan yang dikuasai oleh mahasiswa, pada aspek pengetahuan menunjukkan kategori baik dengan prosentase 42%, cukup baik dengan prosentase 33% dan sangat kurang baik dengan prosentase 25%. Aspek ketrampilan sebagian besar menunjukkan tingkat penguasaan kompetensi sebesar 40%. 4) Kompetansi soft skill bidang pelayanan yang dikuasai oleh mahasiswa, pada aspek interpersonal intelligece menunjukkan kategori baik dengan prosentase 80% dan cukup baik dengan prosentase 20%. Aspek intrapersonal intelligece menunjukkan kategori baik dengan prosentase 20% dan cukup baik dengan prosentase 60% dan kurang baik dengan prosentase 20%. 5) Kompetensi mahasiswa di bidang produksi meningkat 1,25 kali sampai dengan 5 kali lipat. Kompetensi mahasiswa di bidang pelayanan meningkat sebesar 1,25 kali sampai dengan 4 kali lipat dari kompetensi yang dikuasai sebelum Praktek Industri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item